Kuliah di Pembangunan Wilayah

11:11 AM

Hai Icikkers! hari ini aku akan sharing tentang disiplin ilmuku, Pembangunan Wilayah, Fakultas Geografi UGM.

Sebenarnya, banyak temen-temen atau adik tingkat yang enggak tau kalau PW itu masuknya Fakultas Geografi. Dikiranya Fakultas Teknik atau MIPA. Literally baru tau kalau ada Fakultas Geografi saat PPSMB (Ospek). Yups, Fakultas Geografi di Indonesia cuma ada di UGM dan UMS. Selain dari kedua univ ini, masuknya ke pendidikan atau Mipa sebagai Geografi murni. 

Fakultas Geografi
Jadi, di Fakultas Geografi saat ini ada 3 jurusan. Jurusan Geografi Lingkungan, Jurusan Sistem Informasi Geografis, dan Jurusan Geografi Pembangunan. Nah, dibawah jurusan masih ada program studi (prodi). Kalau Jurusan Geografi Lingkungan prodina Geografi dan Ilmu Lingkungan (GEL); Kalau Sistem Informasi Geografis prodinya Kartografi dan Penginderaan Jauh (KPJ); sedangkn Geografi Pembangunan prodinya Pembangunan Wilayah, 

Fokus Pembelajaran Secara Umumnya apa aja?
Sesuai yang bisa kita kira-kira dari nama prodinya, GEL lebih mendominasi ke arah fisik, lingkungan alam. KPJ lebih ke penginderaan jauh yakni gimana kita belajar melihat citra, menginterpretasi citra, mengambil foto udara, dan lain sebagainya. Kalau aku boleh bilang, fisikanya harus keren! wkwk karena bakal banyak berhubungan dengan lalala-yeyeye-nya satelit yang ga so easy. Nah, kalau pembangunan wilayah, fokusnya ke wilayah, banyak berhubungan dengan sosial juga. Next, kita akan lebih lanjut ngobrolin tentang PW.

PW Belajar apa aja?
Di semester 1 dan 2 alias tahun pertama, tentu kita masih berada di satu kelas yang sama dengan anak-anak GEL dan KPJ. Belajar bersama secara umum tentang Geografi, tentang ruang, tentang wilayah. Ditanamkan dulu pemahaman tentang basis ilmu kita. Setidaknya, kita tau dong bentangalam yang ada di Indonesia apa aja, bentangalam yang sedang kita huni apa, cara membaca peta, cara buat peta, cara mengetahui potensi dan permasalahan wilayah, cara mengklasifikasikan potensi, dan lain sebagainya. Kita bakal belajar bareng matakuliah Kartografi Dasar, Geologi Umum, Pengantar Geografi, Meteorologi dan Klimatologi. Nah nanti, ada masanya juga tuh, hari yang khusus belajar matakuliah PW. Matakuliah dasarnya Teori Keruangan dan Teori Pembangunan. Disini, kita belajar apa yang dimaksud dengan 'ruang' dari sudut pandang geograf. Kita juga belajar sebenernya apa sih yang dimaksud dengan pembangunan, dan yang bagaimana sih pembangunan itu. Semester 1 praktikumnya cuma ada 1, Kartografi Dasar. Belajar bikin peta gitu. Tenang, ga peta yang A0 kok haha. Di semester 2 praktikumnya ada Penginderaaan Jauh Dasar sama Geomorfologi dasar. 

Di semester 3 dan 4, kita sudah mulai berpencar. Kita masih sekelas bareng kok di mata kuliah Ilmu Tanah, Sistem Informasi Geografis, Geografi Regional Indonesia. Nah tapi porsinya udah lebih banyak ke jurusan nih. Kita mulai belajar tentang Kebjakan Pengembangan Wilayah, Studi Perkotaan, Administrasi dan Pembiayaan Pembangunan, Teknik Analisis Regional, dan ada matakuliah pilihan seperti pengembangan pulau-pulau kecil dan pesisir. Di semester 3 kita praktikumnya ada praktikum Teknik Analisis Regional 1, Geografi Regional Indonesia, SIG, dan Ilmu Tanah. Banyak? tenang gaaiiiss praktikum PW mah enak kok, paling dikit dari 2 jurusan lain, diketik juga, dan ga susah. Bisa di logika karena erat kaitannya dengan kehidupan kita. 

Sebenernya di tahun 2017 ini kurikulumnya udah ganti. Yang terbaru menurutku lebih interesting. Kalian bisa klik langsung di sini. Kalau kurikulum tahunku di sini

Ada KKL 1,2, dan 3. Apa tuh?
Di Geografi, kita punya mata kuliah yang namanya KKL. Nah, itu ada tiap semester genap. Temanya beda-beda tiap KKL. Lokasinya juga beda-beda. Kalau jamanku nih, KKL 1 ke DIY-Jateng, KKL 2 ke Magelang, dan KKL 3 ini kita akan ke Bali. Ngapain ajasih KKL? ya tadi, tergantung temanya. Tapi intinya kita meneliti tentang wilayah. seru banget! tapi diawal pas nyiapin data, teamworknya harus solid bin keren biar pas di lapangannya enak.

LINK VIDEO KKL II PW : KLIK
LINK VIDEO KKL III PW : KLIK

Prospek Kerja?
Sebelum ngobrolin prospek kerja, aku mau kasih cerita dulu nih kalau PW itu sebenernya bisa banget lho nyambung sama disiplin ilmu lain. Kaya misal ngobrol bareng anak fisipol, ngomongin administrasi dan kebijakan. Nyambung tuh, karena kita juga belajar itu. Ke Teknik, kita juga nyambung apalagi sama teknik PWK yang concern di bidang perkotaan. Kita bisa sharing bareng tentang tata ruang dan kebijakannya, Ga heran lho kalau kita sering berada di 1 komunitas kaya Urban Social Forum, Pemuda Tata Ruang, dan komunitas perkotaan lainnya. Ga cuma PWK, kita juga bisa ngobrol sama anak Geologi dan Geodesi. Ngobrolin fisik dan peta, yaa tapi gabisa se expert mereka karena emang bukan bidang ilmu kita. Tapi, tau-tau dikit laah. Kita juga bisa ngomong sama anak sipil terkait transportasi dalam konsepnya. Wah, jadi punya banyak temen teknik dan fisipol kan hehe. 

Eh tapi, kok kita belajar semua? Kita tetep punya spesialisasi yaitu sudut pandang geografi yang dimiliki oleh geograf aja. Misal kita ngobrolin perkotaan sama temen PWK. pasti akan ada perbedaan persepsi. Tapi perbedaan ini sama sekali bukan ngajak berantem. Tapii bener-bener melengkapi. Nah, saling melengkapi ini bisa kita manfaatin kalau mau project-an bareng atau ikut-ikut lomba bareng. 

Balik ke topik awal yaa. Prospek kerja.
Banyak! Instansi yang butuh orang-orang yang belajar di studi wilayah itu banyak. Apalagi nanti kalau kamu pergi ke luar jawa, join sama orang-orang yang mau membangun wilayah. Kita juga bisa masuk di kementrian. Karena PW ga cuma belajar perkotaan (daritadi ngomongin perkotaan karena emang mau fokus disitu hehe) PW belajar tentang desa, perbatasan, dan pesisir juga. Aku juga udah sempet magang di RUJAK (Ruang Jakarta) Centre for Urban Studies sebagai sarana mengisi liburan hehe. Tapiii belum sempat nulis :( kehidupan magang selama 1 bulan di Jakarta panjang sekali hehe. Besok deh kalau ada waktu. 

Nah, jadi jangan khawatir gais. PW juga bisa join bareng di smart city, pembangunan desa wisata, dan lain sebagainya. Ilmu PW itu luaas sekali. Dan kita bisa memilih mana yang mau kita fokusin hihi. Kalau mau kepo-kepo tentang himpunan mahasiswa jurusan Geografi Pembangunan boleh langsung scroll instagramnya di @hmgp_ugm dan kalau mau nanya lebih lanjut, boleh langsung comment di blog ini kok, inshaAllah di cek terus! hehe :)

Baca ini juga, yuk!

72 comments

  1. Halo kak, bisa jelaskan beda pw sama pwk dari segi kurikulum yg dipelajari?
    Ulasannya mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo wah terimakasih banyak ya sebelumnya udh mampir dan baca! ^^ salam kenal!

      Jadi, pw sama pwk itu sebenernya mereka beda di sudut pandang dan krn pwk itu teknik, dia beneran lebih ke teknis, makanya dia jg ada tuh bikin maket. Soalnya se jurusan sama arsi. Kalo pw dia lebih ke kebijakan, buat peta, gitu2.

      Ini ada link kurikulum. Yg pwk kebetulan inggris. Yang pw indo, tapi itu ada module handbook yg bs km download dan baca2 spy dapet gambaran :)

      http://pw.geo.ugm.ac.id/en/kurikulum-2017/
      http://pwk.archiplan.ugm.ac.id/structure-and-content/

      Semoga membantu! Feel free yaaah kl mau tanya2 :)

      Delete
    2. Mkasi infonya,,
      Btw kmrn msuk pw ugm lewat jalur apa?
      Kalo sbmptn, apakh sulit masuk pw?

      Delete
    3. hehehe alhamdulillah lewat SNMPTN :D kalau sulit engga nya, tergntung kita.. dan boleh diliat ddaya tampungnyaa hehe. Tapi temen2 aku kmrn jg banyak kok yg masuk lewat SBM. Belajar ajaaaa, semangat!

      Delete
    4. Mkasi infony k
      Masih bingung antar pw sama pwk d plihan pertama🤔
      Ada saran?

      Delete
    5. wkwkwkw. sebenernya kalo sistemnya masih kaya SNMPTN jaman dulu, harus pinter milih. karna pwk dia masuknya teknik, passing gradenya lebih tinggi daripada PW. Kalo sbmptn kan ga nentuin itu ya, dan skrg UTBK sistemnya lucu bagus gituu, tes dulu baru milih prodi. nah ini tergantung kamunya berarti :D suka teknik atau geografiiii hehehhee.

      Delete
  2. Assalamu'alaikum...halo kak...aku mau tanya nih. Berarti Kalau kuliah di pw ugm nanti kita kuliah lapangan nya cuma di semester genap aja ya?selain itu berarti kita belajarnya di lingkungan kampus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo wa'alaykumusssalam. maaf baru balas hehe. engga koook ada lapangan juga di beberapa mata kuliah. jadi kita nanti ditugaskan buat tugas lapangan berkelompok gt bikin apa yang bisa buat memberdayakan. biasanya itu 1 semester. asik kokk hehe :D anw, kalau sejurusan berkehendak, kkl bisa di luar negeri lhooo. 4 tahun yang lalu (kalau gaalah) udh kkl di malaysia. KKN ny jg sedang otw mau go internassional :)

      Delete
    2. Oh gitu to hehehe....oh iya kak. Nanti bakal ada kegiatan aneh2 nggak buat maba pw ugm? Misal kayak panggilan malam atau semacamnya gitu?

      Delete
    3. Bro, mau msk pw jg thun ini y?
      Jalur apa klo bleh tau?

      Delete
    4. Iya kalo jadi.btw aku mau coba jalur sbmptn

      Delete
    5. Kegiatan malam itu yang kaya gimana yaaa wkwwk._. Ospeknya biasa aja siii

      Delete
    6. Maksudnya pas ospek itu ada kegiatan malam enggak kak?hehehe....soalnya kata temenku kalo di ft ugm pas ospek ada kegiatan malam gitu....nah kalo di pw ugm ospeknya kaya gitu nggak?

      Delete
    7. oalaah engga kook. maksimal selesai kegiatan itu jam 17. gaboleh lebih dari itu kalo di area kampuss. anw, aku pernah nulis tentang ospeknya koook di link di bawah ini yaaa tapi maaf bgt tulisannya masih alay hahahaha --"

      http://duniaicik.blogspot.com/2016/02/aster-ardvie-journey_26.html

      Delete
    8. Wah makasih kak......panjang banget tulisanya.....inshaallah kapan2 aku baca deh hehehe.....oh iya kak. Kan itu kegiatan di kampus maksimal sampe jam 17, nah itu maksudnya cuma kegiatan ospek atau semua kegiatan di kampus termasuk jam kuliah?

      Delete
    9. Kalo jam kuliah normal maksimal jam 16.40 siih. Kecuali ada jadwal pengganti. Biasanya matkul tertentu dan maksimal bgt sampe jam 8 doang. Ga sering kok kalo jadwal pengganti..

      Kalo ospek emg dibatesin krn masalah keamanan jg sih. Tp kl dh ospek mah km mau di sekre sampe malem banget atau tdr disitu jg boleh wkwkwkw 😂

      Delete
    10. Eh maaf ini ngebalesnya trnyata pake akun satunya wkwkwk 😅

      Delete
    11. Iya kak gpp kok wkwkwk....oh iya kak kalo di pw makulnya dominan hitung2an ato hafalan?

      Delete
    12. Pemahamaaan hehe. Gatau sih ini kabar baik atau buruk ya buat km. Kalo aku si kabar baik wkwk. Karna di pw gaada fisika kimiaaa hahahaa. Sedangkan 2 jurusan lainnya ada

      Delete
    13. Kak kalo lulusan pw nanti bisa enggak kerja di BIG/konsultan pemetaan/konsultan surveyor?

      Delete
    14. Of coursee! Itu main field kita :D

      Delete
  3. Wah ktemu saingan neh wkwkwk😅
    Udh utbk?

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen masuk sini heuuu... Semoga lolos sbmptn ke sini aamiin

    ReplyDelete
  5. Kak maaf mau tanya kalau di PW kalau mau lanjut S2 luar negeri ada ngga ya kak, trus ada beasiswanya juga ngga ya kak makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo,ada kokk di luar negeri justru banyak :) bisa ambil regional development, urban studies, development studies, developemt and environment, atau mau coba human geo. Untuk beadiswa, banyaaak. Pinter2 nyari ajaa. Lpdp kan beasiswa jg. Di ugm juga ada erasmus yg mengharuskam kita kuliah di min 2 negara berbeda.

      Oiya maaf yaaa br smpt bales:" km bs tanya2 aku di ig juga kook. Ig aku ulfahc spy ga lama nunggunya. Semangat!!! :)

      Delete
  6. Trus matkul yang paling sulit menurut kakak apa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yaaaa hahahaha. Tergantung ini mah. Passion km dimana hehe :D

      Delete
  7. Trus matkul yang paling sulit menurut kakak apa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lohh maaf terlwat komennyaaa.. Hahahaa tergantung deek. Tp overall, itung2annya dikit buabgeeet

      Delete
  8. Kak maaf mau tanya kalau di PW kalau mau lanjut S2 luar negeri ada ngga ya kak, trus ada beasiswanya juga ngga ya kak makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaaaa donggg banget. Banyak program regional development justru di luar negeri.beasiswa buaanyak. LPDP, erasmus, AAS, OTS, banyakkk

      Delete
  9. Untuk masuk ke prodi pw waktu utbk harus ambil saintek?

    ReplyDelete
  10. Ka kalo untuk jurusan ips bisa masuk pw ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. IPC masih jaman gaaa??._. Maap aku gatauuuu hehe. Yg jelas pw itu ipaaa. Kl bs lintas jurusan, bisaa

      Delete
  11. Alhamdulillah, Jazakillah khairan mbak atas ilmunya.. tulisan ini membuat hatiku jadi lebih yakin dan semangat dalam memilih jurusan pembangunan wilayah, Bismillah... Sukses dan sehat selalu ya mbak ulfah:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaaah aamiin semangat yaaa!!! Semoga Allah berikan yg terbaik :D

      Delete
  12. Bisa. Tapi sbmptn/utbk/utul ulang 😅😅😅

    ReplyDelete
  13. Kak mau tanya untuk masuk ke PW SNMPTN IPS bisa gk ka.. Soalnya saya dri SMA IPS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabisa deek kalau snmptn.. Kan kalau gasalah snmptn harus sesuai jurusan yaa.. Kalo di geografi ugm itu masuknya ipa. Jd kamu harus berjuang lg deek untuk belajar tes yg lintas jurusan. Kalo nanti dh masuk kuliah, pelajarannya menurutku malah banyak ipsnya. Semangaaat :D

      Delete
  14. Hai kak, untuk PW itu s1 bukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, s2 jug ada kok. Saya ambil lanjutannya dr s1. S2 geografi pw hehe :)

      Delete
  15. Kakak SNMPTN nilai rata ratanya berapa? Dari 6 mapel nilai Kakak yg paling tinggi apa? Trus waktu daftar SNMPTN kakak ngelampirin sertifikat gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata2 rapor? Atau nem? Lupa wkwkw 😅😅 nemnya 48.60 kalau gasalah. Tertinggi kimiaa. Rapornya paling ya 82 atau 85 ya lupa wkwkwkwk. Waktu daftar snmptn tdk melampirkan sertif apapunn. Karna tidak punya wkwk :3

      Delete
  16. Kak mau nanya klo snmptn ngambil pw peluangnya besar gak buat masuk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung saingan sih dek hihi. Dulu jaman mbak sih 1 banding 4-5

      Delete
    2. Oke kak. Makasih banyak infonya

      Delete
  17. Assalamualaikum kak ulfaaah, tulisannya bermanfaat sekali:" kak aku mau tanya perbedaan yang bener" beda antara GEL sama Geo PW apa ya kak?? Buat pertimbangan diri kedepannya nih kak, aku takut salah pilih prodi:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin jawab kak ulfah, aku dari prodi GEL. Kalo suka kegiatan lapangan /di luar bisa pilih gel. GEL sering ambil data langsung di alam, nyebur sungai, ngukur tanah, gitu2 asik pokoknya. Kalo PW sepertinya gk terlalu banyak ke lapangannya. Walaupun nanti di gel juga bisa milih peminatan ke Geografi sosial kalo gk terlalu suka ke lapangan.

      Delete

  18. Kak kalo mau daftar lewat jalur PBUB tapi dari soshum bisa nggaa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kurang tau kalau teknis yg baruuuu ._. Kalau jaman dulu bisa IPC

      Delete
  19. Kak mau nanya di PW ada matkul yang gambar menggambar gak kak makasihh

    ReplyDelete
  20. Kak boleh nanya gk? Aku berminat di prodi Pembangunan Wilayah UGM lewat jalur SNMPTN,tapi asal sekolah aku dari Jakarta, terus nilai yg lebih ditonjolkan itu pelajaran apa ya kak. Hehehe terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh kalau nilai mbak ndak tauuu, rahasia perusahaan kayanya 😅

      Delete
  21. Halooo kak, semoga pertanyaan ini dibalas ya kak:)
    kalau gak salah kan kakak masuk lewat jalur snmptn? kalo boleh tau kakak snmptn tahun berapa sama domisili mana? rata-rata nilai rapor kakak dulu brp ya dan mapel apa aja sih yg nilainya tinggi? terimakasiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Maaf ya baru buka._.
      Mbak snmptn th 2015, domisili jogja. Rata2 nilainya kayanya 87 apa ya wkwk lupaaaa.. Yg tinggi2 sains

      Delete
  22. Assalamualaikum,selamat pagi kak ulfa
    Tabarakallah aku baca artikelnya sambil senyum senyum,btw karena ilmu yg dipelajari di jurusan pw ini kebanyakan ips ya. Aku seneng sih,dan sedikit ngelirik artikel ini. seandainya aku anak ipa udah coba masuk jurussan ini, karena tahun ini sistem sbmptn sudah beda jadi apalah daya gabisa ambil tes ipc cuma pasrah aja wkwk.
    Bismillah

    ReplyDelete
  23. Kegiatan KKL tu bayar mandiri apa ngga ya kak

    ReplyDelete
  24. Halo kak, mau nanya nihh kalo pw gambarnya tuhh biasa gambar apa aja yahh? Susah nggak kak? Soal aku nggak punya skill di gambar gitu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwk nggak gambaar, cuma bikin peta ppakai software kok. mbak juga gapunya skill gambar wkwk. maaf yaaa mbak balas pakai email yg lain hihi

      Delete
  25. Assalamu'alaikum, Kak Ulfah. Makasih banyak kak atas ulasannya. Aku suka sama ulasannya karena lumayan detil. Aku mau tanya dong, kak. Orang-orang di PW itu gimana ya, kak? Apakah seorang yang pendiam dan introvert bisa nyaman dan betah di sini? Terakhir nih kak. List buku bacaan yang ada di Module mata kuliah kakak baca semua nggak? Caranya gimana ya kak biar bisa baca banyak buku yg ada list buku bacaan di module? Soalnya list bukunya tergolong banyak banget wkwkwk. Sekali lagi, makasih banyak, kak. Aku tunggu jawabannya ya, kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di geo anak2nya humble2 kok easy going semua. santuy lah nggak banyak gengsi hihi. nggak semua buku dibaca full tp lebih ke modul untuk dipakai untuk praktek lapangan. cara supaya bisa kebaca, kalau kuliah banyak disuruh nuiis jd otomatis bacaaa. anw thank you yah untu apresiasinya, dan maafin baru bales._.

      Delete
  26. Assalamu'alaikum kak, terimakasih kak ulasannya...
    Mau nanya kak, apakah bisa anak soshum ambil prodi ini melalui pbub??

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaykumussalam, aduh mbak kurang tau untuk sistem ini. yang jelas ini saintek yaaa :3 soalnya mbakdah angkatan 2015 wwkwkwkk beda sistem

      Delete
  27. Kak , mau nanya kalo di pw itu bisa ga kemungkinan lulusnya 3.5 taun gitu? Kan ada tu jurusan yang terkenal rata-rata lulusnya lama kaya teknik gitu, nah di pw ada embel-embel kaya gitu ga kak? Atau mungkin gaada dan bisa juga kemungkinan lulus 3.5 tahun, oiya kak sama di pw tu ada ga si mata kuliah yang mempelajari bencana-bencana gitu?, misal kaya gimana si kita membangun wilayah di tempat yang potensi bencananya tinggi kaya banjir, tanah longsor, atau gunung berapi gitu. Boleh minta penjelasannya ya kak, heh maaf ya kak kalo nanyanya banyak. Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Aku kira anak SOSHUM bisa pilih PW jalur SNMPTN kaka:(
    Sedikit patah kak:'

    ReplyDelete
  29. halo kak, izin tanya kalo di pw magang itu dijadwalin semester berapa ya kak? terimakasih

    ReplyDelete
  30. this blog is very useful and relevan with article i've read, for more detail you can visit https://sosiologi.fisip.unair.ac.id/kuliah-lapangan-di-exxonmobile-mahasiswa-mata-kuliah-pembangunan-masyarakat-dan-csr-belajar-implementasi-csr/

    ReplyDelete