PPSMB GEOSPACE 2015

10:25 PM

Perjuangan hati yang berdebar kencang ini belum berakhir. Masih ada dua hari yang akan saya lalui untuk PPSMB GEOSPACE 2015, PPSMB untuk mahasiswa baru Fakultas Geografi UGM 2015 (Maba FGE). Simpang siur, banyak sekali dialog yang bertopik sama ‘PPSMB Universitas mah manusiawi, Fakultas? Beuhh ati-ati aja‘. Bagaimana tidak menggigit jari dan bangun jauh-jauh lebih pagi dan mempersiapkan segala keperluannya jauh-jauh waktu untuk menghadapi PPSMB ini. 

image
Hari Pertama PPSMB GEOSPACE 2015
Kamis, 20 Agustus 2015. Maba FGE, diwajibkan untuk hadir pukul 06.45 WIB di FGE yang terletak di Jl. Persatuan, Yogyakarta. Kala itu, pikiran masih tetap dihantui oleh pikiran-pikiran jelek. Masuk gerbang FGE pun beberapa kali mengambil napas dalam-dalam dan berusaha untuk selalu khusnudzon. ‘Upeh, ayo semangat. Sudah dibekali jika ada kekerasan fisik segera saja lapor kepada yang berwenang’  tarik napas lebih dalam lagi, senyum. Oke, disini saya akan berbagi cerita tentang PPSMB yang… coba kita lihat ending dari cerita ini seperti apa.

Agenda untuk memulai hari ini dan esok kami adalah apel. Disini, kami berkumpul di depan gedung C Puspics sesuai dengan kelompok kami. Oh iya btw, kami adalah kelompok 9 yang kemudian kita beri nama ‘Uvala’. Uvala merupakan salah satu nama bentuklahan, saya belum mengerti persis sih yang seperti apa. Yang jelas warnanya biru. Maka dari itu, sampul buku kita juga bewarna biru. Syuhuu. Okay, pemandu kami adalah Mbak Ila Mahasiswa GEL 2012 yang lucu dan super random apalagi kalo ketawa dan Mas Reza dari PW 2013 yang ternyata merupakan alumni SMAN 5 Yogyakarta. Tapi kami nggak saling kenal *abaikan*. Uvala berjumlah 25 orang dari tiga prodi yang berbeda-beda dan diketuai oleh Mud dari prodi PW.

image

Hari pertama kami diisi dengan berbagai acara yang menarik dan bermanfaat. Setelah apel dimulai, kami melakukan moving yaitu pergi ke basecamp masing-masing kelompok untuk sesi kepemanduan dan pengumpulan tugas hari pertama: Esai Filosofi lambang dan Esai Who Am I?. Basecamp Uvala terletak di dekat pintu utama Auditorium Merapi. Ketika jam sudah menunjukkan pukul 07.25 WIB, kami moving lagi ke Auditorium Merapi untuk mengikuti acara pembukaan dan Materi I (Ranah Ilmu Geografi dan Kontribusinya bagi Bangsa).

PPSMB GEOSPACE 2015 resmi dibuka dengan dipukulnya gong oleh salah satu dari pejabat penting di Fakultas Geografi (Maaf, kalau tidak salah oleh wakil dekan atau kepala bidang akademik.. maaf), sambutan Mas Fakhri selaku Ketua Panitia PPSMB GEOSPACE 2015, dan Mas Azzami Rasyid ketua BEM FGE. Masing-masing dari beliau memberi semangat dan nasehat yang luar biasa. Terlebih ketika kami diminta untuk mengikuti Mas Azzami mengucapkan Syair ‘Idealisme Kami’ yang apabila saya membaca dengan suara yang pelan saja sudah merinding apalagi di ruangan sebesar Auditorium Merapi dengan pengeras suara dan semangat teman-teman maba. Kemudian dilanjutkan dengan Materi I yang diisi oleh kepala BIG dan ibu Ratih selaku dosen yang bisa dibilang terhebat ini! Disini beliau-beliau memberi arahan kepada kami sekaligus menekankan kepada kami bahwa kami disini tidak memilih Fakultas yang salah! Jika memang ada yang menganggap ini salah, itu semua karena dia belum mencintai Geografi.
Sepertinya, kakak-kakak panitia disini punya indera keenam terkait rasa penasaran kami terhadap apa yang akan kita pelajari pada program studi yang kami pilih. Dibawalah kami menuju tempat-tempat yang telah disediakan untuk mendapat materi keprodian. Materi seputar prodi yang kami pilih. Program Studi Pembangunan Wilayah sendiri, diisi oleh Kaprodi kita yang super dan cantik. Beliau bernama Dr. Rini Rachmawati, M.T. Beliaulah yang akan mendampingi kami di prodi Pembangunan Wilayah ini selama 4 tahun kedepan (InsyaAllah).

Materi selanjutnya yang kita dapatkan adalah mengenai Layanan Kepustakaan. Cara bagi Mahasiswa dalam meminjam buku di perpustakaan Fakultas, lintas fakultas, dan juga Universitas. 

PPSMB GEOSPACE 2015 hari pertama ditutup dengan diskusi kami dalam FGD (Focus Group Discussion) bertemakan ‘Urgensi Kontribusi Pemuda Bagi Nusantara’. Kelompok FGD berbeda dengan Uvala. Kami memang sengaja diacak kembali agar mengenal satu sama lain. Mas Fahmi Idris dari Fakultas Peternakan angkatan 2012 menjadi pembicara kami dalam FGD ini. What an amazing person! And I think I know what kinda type he is. Same as ‘them’. 

Hari Kedua sekaligus Hari Terakhir
Jumat, 21 Agustus 2015 adalah hari kedua sekaligus hari terakhir kami. Hari ini pula, kami diwajibkan untuk membawa properti tambahan yaitu caping. Guys please no judging! Lagi-lagi, ini bukan perploncoan ya gaes gaes. Caping ini berfungsi untuk melindungi kami dari terik matahari pukul 09.00-11.30 WIB saat kami berkeliling ‘lapangan’. Ternyata medannya hanya sebatas mengelilingi fakultas dimana ada 5 pos yang menjelaskan tentang alat-alat yang akan kami gunakan di hari yang akan datang. Kakak panitianya baik banget, padahal nih ya ga panas kok mas mbaaa makasih :). Tapi, sebelum pergi ke lapangan kita mendapat materi Layanan Akademik dulu kok, yaitu panduan seputar mengisi KRS. Jadi kita udah siap tuh untuk mengisi KRS di tanggal 24-28 Agustus 2015. 

Setelah lapangan, kita ada Action Plan. Presentasi  10 menit perkelompok dengan rincian 7 menit presentasi dan 3 menit pertanyaan beserta jawaban yang diberikan oleh kelompok lain tentang aksi nyata apa yang akan kami lakukan sesuai bidang yang telah ditentukan. Uvala mendapat bagian tentang pendidikan.  Setelah di voting.. terpilihlah Wawasan Nusantara sebagai tema kami. Makasih hehe.
Action Plan menjadi penutup acara PPSMB Geospace sebelum akhirnya resmi ditutup oleh Ibu pejabat di Fakultas Geografi, Mas Fakhri Maulana selaku Ketua Panitia PPSMB GEOSPACE, dan Mas Azzami Rasyid selaku Ketua BEM FGE.
Dituntun oleh Mas Azzami, kami semua mengucap Sumpah Mahasiswa Indonesia yang tentunya sukses membuat hati ini bergetar dan berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa. Well done! Super!

Selebrasi penutupannya adalah makan bakso bersama dan foto-foto makasih panitia dan teman-teman!

image

PPSMB yang..
Luar biasa! Hmm apa ya, menurut saya ya seperti inilah masa orientasi yang sebenarnya dan seharusnya, Masa orientasi dimana mahasiswa baru diperkenalkan dengan Nusantara, dengan Geografi, dan sarpras yang akan kami gunakan beberapa tahun mendatang.
Melatih kedisiplinan disini bukan dengan perploncoan disuruh scoutjump, push up ataupun apalah yang termasuk kekerasan fisik. Bukan. PPSMB GEOSPACE mempunyai divisi Mahkamah sebagai tempat bagi teman-teman yang salah ataupun tidak membawa property yang menjadi keharusan. Seperti sepatu dominan hitam, tidak membawa tugas, atau hal lainnya. Haha, tetapi Mahkamah ramah kok kata temen-temen :) maksudnya disini adalah, tetap disidang tetapi bukan yang disuruh scoutjump atau apalah itu. Hukuman itu memang berlaku untuk sesiapapun yang salah. Presiden aja kalo salah kan ada hukumannya kan? Apalagi kita, mahasiswa baru.
Setiap kesalahan pasti ada hikmahnya. Kalau kita dihukum, diambil pelajarannya dan berusaha untuk memperbaikinya.
Nasehat adalah cinta. Nasehat diberikan karena cintanya penasehat terhadap kita agar kita mampu memaksimalkan apa yang ada dengan bemanfaat. Perhatikan setiap nasehat tersurat maupun tersirat dari setiap kegiatan yang telah kita jalani di PPSMB GEOSPACE 2015 ini.

Perjuangan hati yang berdebar kencang ini telah berakhir. Berakhir dengan hati yang sangat gembira dengan kegiatan dan apresiasi atau nilai yang diberikan disetiap tugas yang kami kerjakan. Tugas yang benar-benar bermanfaat diantaranya adalah esai mengenai diri kita dan Geografi dalam bahasa inggris, esai tentang Indonesia sebagai poros maritim dunia (Dari siini, saya baca-baca buku Benhard Limbong yang ternyata menarik. Ya, judulnya Poros Maritim. Kita bisa tahu Indonesia yang seperti apa perannya dalam dunia khususnya kemaritimannya), cara-cara penggunaan alat-alat praktikum dan lapangan, dan membuat outline proposal PKM (Awalnya menguras pikiran, banyak alat-alat yang pengen dibuat tapi kebanyakan nggak masuk akal. terlalu membutuhkan banyak biaya. Hingga pada akhirnya tercetuslah ide PKM yang inshaAllah rasional itu hehe. Semoga saja bukan hanya saya yang menganggap ide itu rasional hahaha). Ya, tugas kami dihargai, Kami dihargai. Catatan-catatan kecil pada tugas mengobarkan semangat kami.
Dengan apa yang telah kami peroleh dua hari di Fakultas Geografi tercinta, kampus berbasis EFC (Enviroment Frendly Campus) ini. Kami berharap dapat menggunakan waktu se-efisien mungkin sehingga kami dapat menggapai mimpi yang telah kami bangun setinggi langit.

“Setiap detik yang kita jalani adalah sebuah momentum” -Mas Azzami Rasyid, Ketua BEM FGE UGM

Akhir kata, Terimakasih banyak panitia PPSMB GEOSPACE  2015 yang telah menepati janji “PPSMB GEOSPACE 2015 Anti Kekerasan fisik, Verbal, atau kekerasan lainnya” Well done, Hidup Mahasiswa Indonesia! Salam Geospace!

25 Agustus 2015
8.13 AM
[UC]

Baca ini juga, yuk!

0 comments