Lapangan #1: KKL Mandiri

10:55 AM

Hari ini aku sok-sokan hectic. Masuk kuliah jam 7, pergi sebentar ke fakultas yang mungkin bisa dibilang universitas sendiri, balik lagi ke kampus untuk kuliah dan ternyata kosong *Tersenyum sambal terbalik* lalu pergi lagi untuk rapat kecil yang semoga mendapatkan restu dan barokahNya, dan nggak jadi ikutan seminar sdgs karena belum daftar plus pingin buka puasa dirumah karena mau makan bakwan terlezat buatan ibu.
Apa ya, terkadang aku suka bingung untuk menorehkan arah tulisan. Yah, karena ini jurnal, kupikir aku tidak perlu focus pada satu titik. Bebas, asalkan dapat melegakan hati dan semoga memberikan manfaat bagi yang membacanya. Karena ini belum terfokus pada satu titik, aku juga sedang membuat project tulisan yang memfokuskan pada satu bidang saja. Tapi belum sempat dipublish karena memang konten yang ada baru satu, itupun baru latar belakang dibuatnya project tersebut *hahaha* tunggu yaa.

Sederetan tanggal di bulan April ini sukses memberi pengalaman dari kejadian yang telah terjadi. Minggu pertama, kedua boleh dibilang selo. Hanya rutinitas biasa, kecuali di hari kamis malam yang selalu tidak menjadi hari biasa. Kalian tahu apa sebabnya? sebabnya adalah Jum’at paginya kuliah geomorfologi yang selalu presentasi tanpa diberi tahu kelompok mana yang akan maju. So, tiap kelompok wajib banget untuk belajar malamnya kalau nggak mau nggak paham materi ketika presentasi. Sebab kedua, Jum’at siang ada kelas matematika yang mengharuskan -sebenernya tugas mandiri dan optional untuk tambah nilai- mengumpulkan 10 soal sesuai dengan materi yang kemarin telah diajarkan. Jadi, dua mata kuliah berat(s) yaa, ditambah dengan nyicil laporan -yang Alhamdulillah cuma tinggal satu praktikum, jangan bully aku wahai tetangga sebelah yang sangat strong jiwa dan raga :3- praktikum penginderaan jauh dasar, demi mendapatkan weekend yang free.

Minggu ketiga, pintu gerbang menuju menjadi geographer. Sekitar tanggal 17 April kelompok KKL kami sepakat untuk melakukan survey lapangan sebelum KKL mandiri bersama dosen. Agak nggak lucu kan ya, kalo ketika KKL mandiri bareng dosen ternyata tersesat. Dan Alhamdulillah, ternyata survey kita yang berawal dari terminal giwangan sampai pundong, Bantul membuahkan hasil. Hasilnya adalah kesasar dan terpencar :) Pundong yang memberikan pemandangan yang sama disetiap jalannya -sawah- membuat kita bingung: harusnya belok mana sih? pemandangan itu jugalah yang membuat kami terpencar. Dan aku termasuk orang yang kepencar *selamat ya, Upeh!* pencarian korban berlangsung selama 1.30 jam. Alhamdulillah, setelah penantian, penitian panjang, dengan gps yang anak panahnya nggak jalan, kami bertemu kembali di Masjid Masyitoh yang sebenarnya sudah kita lewati. Ketika kita bertemu, rasanya pengen berpelukan tapi juga pengen nyubit anak-anak yang ngebut dan tak meninggalkan jejak. Survei ini merupakan pengalaman pertamaku dalam lapangan. Hikmah: kalau lapangan, tolong selalu tengok spion, atur kecepatan, inget-inget temennya. Survei menyebabkan kekeluargaan untuk kegiatan lapangan selanjutnya makin erat. Alhamdulillah. Ini ada foto ketika kita di tempuran opak oyo. Minus Hafidh dia kebetulan ga tertangkap kamera

image

Hari-hari di minggu ketigapun berjalan sama seperti biasanya tapi ditambah belajar dan nyusun teknis untuk lapangan. waktu pulang bertambah 1-2 jam jadi jam 5an. Ampe rumah jam 6, wuih, pulang diiringi senja. Minggu ini kami focus untuk memaksimalkan kegiatan lapangan mandiri. 

Tibalah di minggu keempat bulan April termasuk hari ini. Berderet-deret laporan sudah menumpuk dengan rapih. Minggu, kami lapangan bersama dosen alhamdulillah tanpa tersesat. Berarti setelah ada lapangan, pasti ada laporan. Senin, niatnya udah nggak masuk karena lelah lapangan di hari minggu. Tapi ternyata praktikum penginderaan jauh dasar jam 7 pagi (iya jam 7 pagi banget) menarikku untuk berangkat, daripada Rp 50000 melayang. Selasa, ada kegiatan dari advokasi: sharing with dekanat yang berarti press release harus segera dibuat paling lama 2 hari setelah acara berlangsung. Rabu, Alhamdulillah free, masuk jam 11 siang Alhamdulillah cukup untuk menulis resume materi-materi penugasan *CM, checklist!* pulang jam 12.40 tanpa ada kegiatan lain. Waah Alhamdulillah.. Kamis, alias hari ini seperti yang dijelaskan di awal. Kuliah, mampir ke sebelah, kuliah, rapat kecil, pulaaang, mtk, pjd, geomorfo. Jumat, kuliah full ampe jam 3 lanjut kumpul asik. Sabtu.... welcome lapangan (lagi)! Ini Upeh nggak akan kuat kalo nggak ngeliat temen-temen yang seabrek kegiatannya tetap berdiri tegak. InshaAllah kalau karena Allah akan selalu dikuatkan :’) aamiin

Beralih dari tugas, ada yang bikin Upeh kaget siang ini. Ketika sedang kumpul KKL, buka handphone dan menemukan sebuah foto yang sangat mengejutkan, Adalah foto.... walimahan. Yang membuat kaget adalah.. walimahan tersebut adalah walimahan temen sekelas SDku.. kemudian aku cerita ke mas. Dan kami sekarang masing2 memiliki teman SD yang sudah menikah... barakallah ya, Linda. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warrahmah. aamiin.

Molly: Koe kapaaaan
Upeh: wkwk gek koe Mol




Kamis, 28 April 2016 8.55 pm
Ulfah Choirunnisa



Baca ini juga, yuk!

0 comments