Review Film Munafik 2

2:31 PM

Hai cik! aku mau cerita tentang film Munafik 2. Enggak spoiler kok, karena aku juga nggak suka spoiler._. semoga ini bukan spoiler yaa

Jadi, sebenernya, aku dari awal ga ada niatan buat nonton munafik karena itu genre nya horor yang modelnya ruqyah-ruqyah gitu,  sama melawan iblis gitu deh. 

Cerita dulu: AKU DI RUQYAH CIK! #KejadianNyata #Awal2018

Aku masih ada trauma gitu semenjak kejadian ruqyah massal. Ruqyah massal ini sebenernya bener-bener ngebuka pikiran aku kalau ternyata jin itu bener-bener bisa masuk kedalam jasad manusia dan dia tuh beneran bisa ngomong, bisa ngebanting, bisa nyakitin, sampai kasihan liat orang yang dirasukin. Ketika di ruqyah (yang nggak terencana) ini aku juga pertama kali ngerasain badan aku didorong dengan saaangat keras, tapi alhamdulillah nggak sampai kerasukan (Sebenernya karena aku udah nggak fokus sama ruqyahnya jg sih. Jadi, yang pada kerasukan itu pada yang khusyuk dan udah plong hatinya untuk di ruqyah. Sedangkan upeh, jujur aja, di awal udah shock duluan sm kata 'Ruqyah' jadi emang blm plong hati, blm bisa nerima gitu, jadinya nggak khusyuk. Ditambah pas teriakan kenceng banget pertama kali, udah buyar banget fokusnya). 

Ketika di ruangan itu udah mulai banyak yang kerasukan, ketawa-ketawa, nangis, lemas, muntah-muntah dan lain sebagainya, aku cuma bisa dzikir dan nangis. Aku ketakutan sekaligus kasihaaan sekali tiap liat teman yang badannya 'dibanting', 'ditarik'. sampai memukul keras tanpa sebab dikarenakan ulah jin yang merasukinya. Bayangin aja cik, ruqyahnya tuh jam 9 malam sampai jam 12an malam, dan efeknya tuh ga selesai di hari itu juga. Extend sampai semingguan lebih. Parnonya extend sampai sekarang.

Baru kali itu aku digituin. Lidahku nggak berhenti sedetikpun baca ayat-ayat Allah supaya senantiasa dilindungi Allah. Ketika aku balik ke kamarku, saat itu.. aku udah mulai nggak karuan rasanya. Mual, tapi nggak pengen keluar. Akhirnya dibantuin temen, bisa juga keluar meskipun ya cuma air liur (maaf kalo disgusting). 

Paginya, aku ngerasa badanku anget, kosong, nggak bisa mikir. Meskipun aku komunikasi biasa aja sama temen-temen di kampus, aku tetep merasa aku ga seger badannya dan merasa mukaku lebih pucat dari aku biasanya. 

Singkat cerita, setelah selesai kuliah, aku udah nggak sanggup, aku milih untuk nyetir ke rumah. Di perjalanan, biasanya aku pasti murajaah meskipun nggak selesai, atau ya kadang ngobrol sendiri hari ini udah ngapain aja, dsb. Tapi, siang itu enggak. Aku inget banget waktu itu aku lagi di lampu merah mirota kampus, aku sadaar kalau aku kosong, lalu aku coba dzikir dalam hati. Subhanallah, percaya atau enggak, aku sama sekali enggak bisa menyelesaikan ayat kursi. Benar-benar hanya bisa baca sampai ayat 3. Setiap mau lanjut, rasanya kaya kecekik dan mau nangis. Beberapa kali aku coba diperjalanan, hingga akhirnya aku menyerah, memilih diam daripada terjadi yang tidak-tidak di perjalanan pulang. Setiap aku diem dan inget kejadian ruqyah kemarinnya, aku selalu nangis sediiih banget rasanya. Enggak bisa cerita ke siapa-siapa. baru cerita sepenggal, udah nangis. Rasanya pengen ketemu ayah, minta tolong diselesaikan.

Sampai di jalan pramuka, aku liat mobil ayah berhenti di lampu merah. "Yah, ayah baru pergi. Enggak jadi ketemu" aku sedih, dan lanjut pulang. Sampai rumah, salim ibu, dan tiap cerita selalu gemetaran dan enggak bisa cerita. Akhirnya aku memilih istirahat, tidur di kamar. Kebetulan lagi nggak sholat, jadi dibiarin tidur sampai ayah pulang (maghrib).

Bangun tidur, aku langsung nangis tanpa suara. Nangis sedih karena usaha untuk dzikir dan nyelesaiin ayat kursi tetap tidak bisa. Masih terhenti di ayat 3. Sakittt sekali. Aku hanya nangis, nggak kuat manggil ibu. Nangis... aja. Sampai akhirnya ibu masuk ke kamar, "Nangis.. panas (demam) ya?" aku nggak bisa jelasin dan cuma ngangguk aja. "Bentar ya, ayah baru parkir mobil". Ibu lalu pergi. Aku denger ibu ngomong sama ayah diluar "Yah, coba liat anaknya dulu, daritadi pucet banget, tatapannya kosong, aku aja ngeri. Itu lagi nangis". 

Nggak lama kemudian, derap kaki ayah mulai mendekat. Cuma dari depan pintu, bilang "Ulfah, yuk bangun, habis itu ke belakang ya (dapur)". Aku cuma bisa mengangguk sambil masih nangis. Tiap tarik nafas panjang. selaaaaalu nangis. Bismillah, aku bangun dari tempat tidur dan masuk ke kamar mandi, cuci muka, dan melangkah gontai ke dapur.

"Diminum satu teguk, sisanya buat raup muka sama telinga kanan kiri ya" kata ayah.
MaashaAllah, setelah selesai raup (cuci muka), aku langsung seger banget dan aku (masih) nyoba buat dzikr dan baca ayat kursi dalam hati. MaashaAllah, lancar! Bisa sampai selesai. Ya Allah, sungguh saat itu aku merasa senaang sekali, bersyukur sekali pada Allah. Aku mencoba cerita tentang ruqyah hari sebelumnya. MaashaAllah sudah enggak nangis lagi :''. Selesai aku bicara, ayah bilang, "Iya, orang tadi yang nempel di kamu 2 (jin). Untung selamat pulang ke rumah" woaa, akhirnya aku tau kenapa kemarin aku sempat terdorong dengan sangat keras. Rupanya aku ketempelan. Sejak saat itu, aku sebenarnya masih trauma dengan ketawa yang terlalu lepas, orang yang pura-pura sedang bertatap kosong (atau yang nggak pura-pura), orang menangis sendirian, dan bahkan trauma setiap lihat poster kajian 'Ruqyah Massal'. 

Nah, itulah aku mulai parno sama film horor yang nanti ada nangis dan ketawanya, dsb. 

Kalau parno, kenapa nonton munafik? Kan munafik ruqyah-ruqyah gitu?

Hue, ya sih. Sebenernya awal mula tuh karena si Pees sama dokcik mau nonton munafik gitu trus ngajakin aku. Padahal kan aku takut ya, terus aku keceplosan cerita ke adek, akhirnya adek ngebet banget pengen nonton. Ga mungkin kan dia nonton sendiri. Akhirnya aku tanya ke pees sama dokcik kenapa aku harus nonton itu film. "Sarat nilai agama, wajib nonton" kata dokcik. Aku jadi mikir 2x. Aku lagi futur bulan itu, stres kerjaan dunia, dan aku belum murajaah lagi. Aku juga sempet menghindari berbagai jenis manusia kaya yang aku ceritain di postingan instagramku sebelum ini hehe. Setelah mikir-mikir dan karena bakal ada temen yang mau nemenin nonton, aku bismillah memberanikan diri dengan niat recharge iman. 

Singkat cerita, aku mutusin buat nonton munafik 1 dulu di youtube (nanti aku kasih linknya dibawah) hari sabtu siang, dan sabtu malamnya nonton di Transmart. Di perjalanan, pees icik banget dong dia hampir banget gajadi nonton gegara banyak pikiran gitu. Mana aku dah dijalan, takut banget dong aku kalau cuma sama adekku doang. Dokcik juga sama temen FK nya. 

Alhamdulillah, jam 18.17an, si pees nanya, kalau dia dateng jam 18.30am masih bisa ga? aku bilang bisa bangets. Aku sama adekku cus ke CGV dan beli tiket. Sayang, promo gopay yang buy 1 get 1 udah habis :') jadi reguler. Eh, alhamdulillah, karena aku pake debet BCA ternyata dapet diskon 50% gais tiap hari sabtu malem (berlaku untuk 1 tiket). Pas pilih seat...
"..Silahkan kak dipilih seatnya. yang putih udah ke booked yaa"
"...hmm.. ini, cuma 6 yang baru booked?"
"Iya kak"
"Hah.... serius nih mas? (itu jam 18.30an sedangkan aku pilih jam 19.45 :)))"
"Iya kak, eh tapi pasti nanti rame kok kak"
"Fyuhh alhamdulillah, iyalah mas masa ber9 doang, munafik 2, serem banget hue :''')"
Iya cik, karena sumpah ya waktu dateng, CGV suepi banget gaada yang ngantri samsek.

Selama nunggu jam 19.45, aku nyariin adek makan dulu karena dari pagi belum makan. Sumpah deh, selama itu aku nervous parah, rasanya mau muntah, perutku sakit, mual gegara setakut itu mau nonton horor._. berkali kali aku bilang ke adek gimana kalau gajadi nonton, tapi dia bilang aku alay hueee. Yasudahlah ya. 

Pukul 19.45 pas, kita masuk studio! Petualangan ini dimulai! 

Gimana film munafiknya cik?

Rate dulu deh, 4.7/5 ! 
Kenapa ratingnya segitu?

Pertama, aku tetep takut dengan jump scare nya. Apapun bentuk jump scare, tetep takut. Soundnya juga. Kedua, aku seneng banget sih substansinya keren! nyambung sama  munafik 1. Jadi, mending sebelum ke bioskop, nonton munafik 1 dulu lagi aja biar nyambung. Trus, isi munafik 2 ini, menurutku menekankan arti 'fitnah dajjal'. Selama ini, aku cuma dapet cerita fitnah dajjal tuh sekilas-sekilas gitu. Kalau cerita SD, ceritanya gini "Besok, kalo ada dajjal, disuruh milih api atau air, jangan langsung pilih air. Bisa jadi air itu api" selaluuu aja gitu. Sampai akhirnya di munafik 2 ini lebih jelas ngejelasin arti fitnah dajjal. Pemeran utama yang di fitnah dari berbagai pihak, bahkan hampir terfitnah dengan perasaannya sendiri. Sampai hampir putus asa, kenapa Allah terus menerus kasih cobaan, sampai bertanya-tanya apakah dirinya itu sebenernya munafik atau engga. Si pemeran utama yang berprofesi sebagai praktisi medis muslim ini di ceritanya, selalu berusaha menolong orang-orang yang diserang setan dan juga yang terbawa dalam aliran sesat.

Disini digambarkan juga tentang golongan orang-orang yang mengaku dirinya sahabat Rasul, dan merasa paling benar dengan segala tafsiran al qur'an dan haditsnya. Mengkafirkan semua orang yang tidak menganut ajaran yang ia bawa. Jika kafir, maka ia akan membakarnya hidup-hidup atau memukulinya hingga tewas. Kerjaannya mengirimkan iblis-iblis untuk mengganggu orang-orang beriman. Yang lemah, kalah. Semua dibuat tipu daya, fitnah. Fir'aun zaman sekarang, katanya.

Ketiga, aku sebenernya antara seneng dan agak mikir sih, karena menurutku film yang hampir 2 jam ini (19.45-21.39 WIB) tuh perasaanku klimaks terus deeh, wkwkwwk. Deg-degan mulu harus liat terus, sampai pas udah selesai, lemes banget. Lemes karena ceritanya yang maashaAllah, meratapi iman sendiri yang belum se-keren Adam (pemeran utamanya), sampai lemes karena mikir juga wkwk. Mantap lah, keren banget deh pokoknya! Ayat-ayat al Qur'annya menggelegar maashaAllah. Ini buat semua orang kok filmnya. Bahkan adekku yang SMP kelas 2 aja nonton, dan dia jadi tau fitnah dajjal tuh gambarannya gimana, ya meskipun kita emang gabsa bener-bener tau yang sebenarnya. Usaha, bismillah!

Ada quotes yang ngena banget dari film ini. Quotes dari Adam yang sedang meminta izin kepada ibunya untuk pergi membantu orang yang terkena sihir,

"..mak, Adam itu diberi kelebihan oleh Allah bisa menangani ini. Jadi, Adam harus bisa mempertanggungjawabkan kelebihan itu. Nanti di akherat akan ditanya mak, untuk apa kelebihanmu di dunia?" 
Ada lagi, ketika ada temennya si Adam yang kagum sama adam yg bisa keren banget, dia merasa berdosa gt karna sebenernya dia tau kalo tetangganya tuh sesat, tapi dia diem aja. trus Adam kurang lebih bilang gini,

"..Nggak papa, yang penting hatimu tetap yakin pada Allah, itu sudah cukup. Karena harus sesuai dengan kemampuanmu (melawan orang² sesat yg pake ilmu sihir). Kalau kamu tidak mampu, cukup selesaikan perkara hatimu. sedangkan aku, diberi kemampuan oleh Allah sehingga aku harus membantu memberantas ini."

Trus si temen ini jawab yg bikin jleb banget :''

"..tapi Adam, meyakinkan diri kalau hati kita bertambat pada Allah (beriman), itu cabang iman yang paling lemah." hueeeeee :'''' 

Ohiya 1 lagi, hikmah dari film ini. Menjaga kepercayaan itu sulit, termasuk juga temen deket sendiri. Kalo iman dia lemah atau sedang turun kemudian terpedaya iblis, fitnah bisa saja terjadi. Jadi, saling menjaga temannya dalam iman ya! Berlari ke Allah bareng2, inshaAllah! :)

Terakhir, nemu dari akun instagram keren, @halma_id yang nyambung banget sama film ini,

"Apabila ada keyakinan yang kita yakini namun tanpa ada landasan Al-Qur'an dan hadits, iblis akan turut mewujudkan keyakinan tersebut untuk membantu menyesatkan kita."-Ust. Abu Nida Fatahillah-

Sekian dulu reviewnya cik, boleh banget komen kalau ternyata aku salah tangkap nonton filmnya, agak lemot soalnya ehhehe._. makasih udah baca! dan ini aku kasih link munafik 1 (klik aja) :)

Pescik - Dokcik - Pehcik
Adek (Afin) - Pehcik - Pescik

Selamat menonton, ENJOYYYYYYYYYYYYYYYY! #ATeamMode wahahaha

Baca ini juga, yuk!

5 comments