Writer‘ 2015 Reminisce and Nostalgic

2:28 AM

Waktu berlari begitu cepat hingga sampailah aku pada pagi H-1 tahun 2016 ini. Alhamdulillah, Allah masih memberi kesempatan untuk hidup dan berlatih menjadi insan yang bermanfaat.
Dua masa berlangsung di tahun 2015. Masa yang satu telah usai, sedang yang lainnya masih berlangsung. Masa itu adalah masa SMA, dan masa kuliah. Masa-masa yang meninggalkan poin sejarah dalam hidup. Sejarah yang rasanya terus-menerus mengakar kuat dihati dan pikiran. Hingga setiap tempat yang meniinggalkan sejarah, membuat otak memutar kembali ke waktu kala melintas di tempat tersebut. Sejarah yang kemudian dipercantik bahasanya menjadi: kenangan.
Pagi ini, rasanya ingin mencoba untuk mengevaluasi apa saja yang telah terjadi di tahun 2015 dengan memori ala kadarnya.

JANUARI

Masuk Semester II kelas 12 SMA.
Kurang lebih H-3 bulan menuju Ujian Nasional. Namun sepertinya masih saja aku belum begitu greget dengan UN. Masih suka males belajar, haha
Galau prodi
Masalah pertama dan utama kalau udah masuk kelas 12 SMA. Di bulan ini Aku, Mele, Farida, dan juga Agnes (anak-anak Bahasa jepang XII IPA 4) masih keukeuh pada prodi yang kami pilih. Aku dengan Teknik Geologi, Mele dengan Teknik Industri, Farida dengan Psikologi, dan Agnes dengan Musik. Senyum kita masih terkembang bak layar terkembang.
Happy Anniversary, Al Qur’an
Tanggal 26 Januari, Al Qur’an ku genap setahun. Hahaha, nggak penting sebenernya. But I wanna make an emphase on hari-hariku berODOj (One Day One Juz) :’) kurang lebih Januari tanggal sebelum ini aku diajak teman luar biasaku, Itoha untuk ikutan ODOJ. Saking semangatnya, aku ajak ayah ke gramedia dan yap, I got my new Al Qur’an.

FEBRUARI

Satu Tahun Letusan Gunung Kelud (14/2/15)
Selamat memperingati satu tahun letusan Gunung Kelud.
Letusan Gunung Kelud setahun yang lalu tidak menimbulkan korban jiwa namun efeknya benar-benar besar dan luas. Bayangkan saja, sampai rumahku yang bisa dibilang jauhnya sedunia.Saat itu langit di rumah gelap dan ketika subuh kung sholat, kung kelilipan sampai matanya berubah menjadi merah tapi masih nggak sadar kalau habis ada letusan Gunung Kelud. Setelah kung, barulah Ibu. Ibu ke dapur dan yaaa… abu semua. Aku yang dengan pede nya udah mandi begitu mau berangkat, keluar rumah…. Speechless. “Is this Snow?’ Abu vulkanik yang sangat halus itu rupanya menumpuk tebal di pekarangan rumah. Ditambah dengan yang masih bertebaran di langit. Membuat langit gelap. Walhasil, Kegiatan belajar mengajar di liburkan selama beberapa hari. Dan di dua hari setelah ini, rumah di guyur hujan and trust me that it was look like a mud rain!! Cat rumah pun jadi coklat-coklat. Hmm Merapi eruption didn’t give such of this snow. Merapi didn’t give any volcanic ash more than 1 cm thick!!

MARET

Keputusan kami bertiga berubah, Sensei..
Bulan galau dan risau. Bagaimana tidak. H-seminggu penutupan pendaftaran SNMPTN dan kami belum yakin dengan pilihan kami masing-masing. Terjadilah peristiwa air mata tumpah-tumpah karena galau prodi dan kebesaran hati yang perlu dibuat demi mendapatkan yang terbaik. Saat itu kami shearing (Sharing+hearing) with Ikha Sensei.. bukannya pelajaran Jepang tp malah motivasi dan shearing.
“Kalau yakin, ya nggak papa ambil aja” –Ikha Sensei
Tapi kami bingung sens..
Di hari itu jugalah kami pada akhirnya memilih pilihan kami yang baru. Aku dengan Pembangunan Wilayah Fakultas Geografi (alasan: ada geologi umum -_-v), Mele dengan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (Bisa ditebak awalnya Mele pilih apa), Farida dengan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian (alasan: disuruh Ayah), dan Agnes dengan Musik (Agnes suka music! Suara Agnes bagus seduniaaa)
Kami kirim pilihan kami yang tidak sesuai (Kecuali Agnes) dengan apa yang kami setor di Konseling sekolah. We know Allah would give us da best

APRIL

Ujian Nasional 2015
Ngeselin sedunia adalah ketika akan maju UN hari kedua: Matematika dan Biologi, dapet kabar dari whatsapp “Eh Soal UN bocor lhoo” “Ah palingan juga hoax” batinku. Tak lama kemudian temanku berkata lagi “Temenku buka, katanya persis bgt sama yang dia dapet tadi. Paketnya lengkap”.
WHAT?
You know my mood for studying at that moment went zero. No spirit. Disappointed. Mana pas matematika dan biologi pula. Akhirnya aku tetap focus, belajar dengan prinsip Yang baik akan mendapatkan yang baik. Yang benar dalam kebaikan akan senantiasa ditunjukkan jalan. paket data ku matikan dan, keesokan harinya kami lapor ke guru secara gerilya. Takut anak-anak lain tau malah bocor sana-sini. Alhamdulillah ternyata SMA ku enggak dapet bocoran itu. Bapak guru ini aja malah baru tau.. setelah dilaporkan, guru langsung menggelar rapt. hoho kami jadi berasa pahlawan bertopeng (?)

MEI

Green box
“Udah ibu mandi dulu ajaa. Pengumumannya masih jam 5” kataku ke Ibu
Padahal saat itu jam menunjukkan pukul 16.55. tiap menitnya hanya kupergunakan untuk mereload laman.
“Nanti kalo ada kabar baik ibu dikasih tau yaa’ –Ibu
“Jangan gitu, aku takut..”
Saat itu kamar remang-remang, ibu mandi di kamar mandiku, dan 16. 59 ku reload dan laman muncul tepat pukul 17.00
“Ya Allah.. udah kebuka….”
I kept scrolling down but…. Quickly. and see the bottom one. There’s a green box.
“Hijau?”
Selamat berdasarkan keputusan dari blablabla…..
Subhanallah ya Allahhh Alhamdulillah. Ibu.. hijau bu… hijauuu, buruan mandinya… aku masuk pilihan pertama bu, UGM bu UGM.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah. Kotaknya hijau buuu hijaaauuu
“Hijau apanya sih? Ibu ga ngertiii ga denger disini. Sini coba liat hp nyaaa”
Aku masih teriak-teriak sampe orang-orang rumah pada ke kamarku yang gelap, nanya ada apa. I just could only say alhamdulillah, alhamdulillah. And i proceed my nazaar. alhamdulillah
(…)
Dan aku tidak sendirian, Mele, Farida pun yang galaunya barengan keterima juga, alhamdulillah.. tapi Agnes belum. But she got it on the right time. She now in there
Grup Mahasiswa Geografi 2015
You’re invited to Mahasiswa Geografi 2015. Accept?’
Mulai dari sini aku mengenal teman-teman baruku.. dan mengenal orang-orang hebat. Grup ini subhanallah rame sedunia dan ada hal-hal misterius yang sampai sekarang belum diketahui kebenaran pastinya! hahaha but it was so useful and funny
NEMnya keluar
Nggak lucu banget yang dikirain dapet bagus malah biasa aja, eh mapel yang kirain biasa aja malah bagus. Sukanya selalu gini. Alhamdulillah i got it as what i want. Alhamdullillah

JUNI

Wisuda Puspanegara
Tepatnya 2 Juni 2015 anak-anak kelas XII SMAN 5 Yogyakarta di wisuda di JEC.Wisuda berjalan sebagaimana mestinya, tapi ada beberapa hal lucu yang kemudian bikin ketawa di tengah prosesi. It was about name. Machekers should know this.
SBMPTN
Temen-temen yang luar biasa kerennya ikut SBMPTN. Tepatnya 9 Juni 2015. Kita yang sudah bersatu sebelumnya, membuat apayaa.. kinda kata-kata penyemangat wkwk.

JULI

Ketemu kakak-kakak terhebat sedunia!
What could I say again, except asking you to open this link and this link #PA
New Members in ‘Gamada gaboleh iseng’ group
9 Juli 2015 pengumuman SBMPTN. Group Gamada Gaboleh Iseng yang isinya anak-anak Mache di UGM pun kemudian bertambah anggotanya, hingga setengah lebih banyak! (saat ini anggotanya 95 orang)

AGUSTUS

SEPTEMBER

Open Recruitment BEM Fakultas Geografi UGM

OKTOBER

UTS
My first mid-term exam. Zonk at Biogeography, development theories.

NOVEMBER

Birthday
Turned into 18 at Hero’s day! Thank you so much for them who had been involved in this moment. It’s the happiest!

image
LKMM (Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Mahasiswa)
Yaampun baru sadar belum bikin tulisan tentang LKMM. the main thing you ought to know is, that was the best training ever after PA!
Nonton Wisudaan Kakak Geografi
18 November 2015. Untung pas banget lagi buka line. Whoops. Aku yang baruuu saja sampe rumah dan baruu tiduran mau baca sesuatu, pas buka line..
“..Wisudaan, Jam 1”
Whoops! I jumped! Aku mau nontoon.. Tapi Ya Allah ketika liat jam.. 12.43 pm ya Ampuuunn could I reach there in 17 minutes? (Real estimate time: 30 minutes long) Aku optimis, pasti bisa. Telat dikit gapapalah yang penting ikutan batinku. Langsung ganti baju dan ube rampe lainnya. Ohya, almamater.
“Yah, Bu aku berangkat dulu yaa ke kampus”
“Loh baruu aja sampe rumah katanya mau pergi habis ashar? (Kajian Menulis) kenapa tadi pulang nggak sekalian aja?”
“Hmm iya baru dapet info baruuusan. Diajakin nonton wisudaan Yah, nanti aku langsung ke kegiatan yang jam 3”
Dan akupun berangkat dengan lumayan menaikkan kecepatan. Berusaha sebisa mungkin dapet hijau. Oh My God, ada yang ngeselin di depan. Hmmm. Sabar dan menunggu kesempatan untuk nyalip.
Kira-kira jam 1.20 pm aku sampai, dan Alhamdulillah bangeet dapet parkiran. Langsung deh ke auditorium merapi. But I feel like salah kostum. Mana sendirian pula. Semua kakak-kakak ganteng dan cantik yang mau diwisuda berkumpul dengan keluarganya.
“Masuk aja, aku di belakang”
Hahaha gimana cara masuknya, aku masih nunggu beberapa menit dan kemudian nekat dengan modal Pura-puranya aku salah satu dari keluarga yang mau di wisuda. And finally I am off on the almost last row of chairs . Haha, kirain ikutan wisuda juga ternyata wisuda tahun ini adalah wisudanya kakak 2011. Wkwkwk.
Alhamdulillah, baru kira-kira 10 menit setelah aku duduk, acara prosesi dimulai. (Berarti aku nggak telat) Kami berbincang banyak hal. Mulai dari isu yang mau dibawakan, hingga menebak-nebak karakteristik dosen yang unik.

image
“Liat deh pasti habis ini dosennya bikin ketawa”
Ternyata benar, riuh tawa kakak-kakak (dan aku juga haha -_-v) weleeh udah kaya paranormal aja.
Selama prosesi wisuda, juga sempat berbincang hal lain yang kemudian diakhiri dengan buku. Dipinjemin buku Terbantahnya Teori Darwin yang sudah pernah ku bahas disini.
I don’t know, but that November 18 was such of my happiest moment. I didn’t even know why. But thank you for these! Dabest!

DESEMBER

UAS
Masih berlangsung… :’)

Baca ini juga, yuk!

0 comments