Tentang Islam

12:13 PM

#Review Alhamdulillah saat bersih2 kemarin aku menemukan sebuah buku yang di dapat dari SMA dulu. Yakni semacam buku agenda yang berisikan ringkasan, mutaba'ah, checklist, dan beberapa tugas yang harus dikerjakan. Menemukan buku ini semacam menemukan sebuah harta karun hehe.
image

Oke kali ini kita akan bahas bab 1 dari buku 'Agenda Pelajar Muslim' *anggap saja masih pelajar* berjudul
'Memahami Islam dan menjalankan syariatnya -taqwa-'
image

 Intro,
'Dan tidaklah kami mengutusmu (Muhammad) kecuali sebagai cinta kasih (rahmat) bagi alam semesta' (QS. Al-Anbiya: 107)
Tentang Islam
1. Islam berasal dari kata aslama yang artinya berserah diri. Artinya, kita menyerahkan hidup kita pada Allah serta aturannya, termasuk mengikuti jejak rasul utusanNya,
2. Akar kata islam aslama berarti damai (salam). Saat shalat, minimal kita menyebut kata salam dua kali dalam tasyahud dan dua kali ketika salam penutup shalat. Belum lagi mengucap salam saat jumpa dengan orang lain. Dalam sehari, lebih dari 20 kali kita mendoakan kedamaian. Jadi, seorang muslim adalah orang yang selalu menyebarkan pesan perdamaian tiap saat.
3. Nabi Muhammad diutus Allah ke dunia sebagai kasih sayang (rahmat) bagi alam semesta. Nabi memberi tuntunan yang lengkap untuk hidup kita. Kemuliaan akhlak Nabi Muhammad adalah kekuatan terbesar yang membuat Islam diterima luas. Kita sebagai umatnya wajib meneladaninya dan menyebarkan kemuliaan akhlak Nabi kita,
4. Dari 99 nama Allah, Ar Rahman dan Ar Rahim (pengasih dan penyayang) adalah yang paling utama, karena dua nama itu yang disebut dalam basmalah. Sebagai bukti kasih sayangnya, Allah memberikan syari'at jalan hidup agar hidup kita damai.
(...)
Sumber: 24 Minggu Menjadi Teladan Bangsa: Buku Agenda Pelajar Muslim, 12 karakter pelopor kebangsaan 24 aksi nyata untuk Indonesia (Maarif institute)

Yogyakarta, 6 Juni 2016 10.13 pm
Ulfah Choirunnisa


Baca ini juga, yuk!

0 comments