Basic Skill: Healthy life

3:07 PM




Oleh: Diana Pratiwi, S.Gz

Hidup berasrama tentu berbeda dengan ketika hidup di kos-kosan atau di rumah sendiri. Rutinitas harian seperti pola makan, pola tidur, berubah hamper 180 derajat. Yang biasanya tidur selama 8 jam, kini hanya tidur produktif, yakni selama 4-5 jam. Hal tidak biasa ini kemudian membuat fisik menjadi lelah dan mudah mengantuk. Belum lagi pola makan yang tidak teratur dan tidak terkontrol. Masalah yang sering ditemukan pada anak asrama adalah mengantuk, lemah, letih, lesu, makanan kurang terjamin, kurang minum, dan kurang olahraga makanan yang kurang terjamin.

Makanan favorit anak asrama saat ini berkutat pada telur goreng, jamur crispy, terong crispy, dan juga mi instan. Makanannya melulu seperti itu dan tidak diimbangi dengan buah, sayur, dan susu. Padahal, asupan makanan berpengaruh pada aktivitas kita. Jika makanannya sudah memenuhi kriteria, maka menjalani aktivitas sehari-hari yang mungkin sampai larut, tidak terasa lelah yang berarti.

Agama Islam memiliki dasar hokum mengenai makanan yang tertulis dalam surat Al Maidah ayat 88

وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ مُؤْمِنُونَ

Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya. (Al Maidah: 88)

Wajib bagi kita untuk makan makanan halal dan mensyukurinya. Halal tak hanya dilihat dari sisi komposisi, tetapi juga dilihat dari siapa empunya dari makanan itu. Maklum, anak asrama pasti menaruh makanannya di tempat publik sehingga teman yang lain mengira itu adalah makanan publik. Oleh karena itu, apabila kita ingin memakan apapun itu yang bukan milik kita hendaklah meminta izin terlebih dahulu kepada empunyanya. Sehingga makanan yang kita makan menjadi makanan yang halal baik dari sisi komposisi dan dari sisi kepemilikian.

Rasulullah juga pernah bersabda tentang makanan yang menerangkan bahwa kita tidak boleh memakan makanan secara berlebihan. Makan yang berlebihan juga tidak baik dari segi biologis dan juga segi fisik. Dari segi biologis, makan berlebihan dapat membuat perut menjadi sakit. Itu masih merupakan sakit yang tergolong ringan. Tetapi apabila sudah sampai pada penyumbatan pembuluh darah oleh lemak, tentu masalah akan menjadi lebih panjang. Sedangkan dari segi fisik, tentu akan membuat bentuk tubuh menjadi tidak ideal (Buah pear, Buah Apel, atau centered obesity)

Asupan gizi yang masuk ke tubuh harus seimbang dengan kebutuhan. Kalau aktivitas kita menghabiskan 2000 kkal, kebutuhan kalori yang harus kita makan seminimalnya juga 2000 kkal. Kebutuhan energi pria lebih banyak dari pada wanita. Yakni 2000 kkal, sedangkan wanita kurang lebih 1900 kkal. Alternatif makanan sehat seminimalnya makan sayur atau buah sehari. Jadi, kalau sering makan dengan lauk seperti yang disebutkan di atas (kecuali mi instan) masih dapat ditolerir dengan tambahan harus makan sayur atau buah. Apabila tidak terpenuhi, nantinya akan jatuh sakit. Selagi masih muda, mengatur pola makan wajib hukumnya, supaya bisa menabung nutrisi. Karena jika seseorang telah berumur diatas 40 tahun, maka sudah tidak dapat melakukan ini.

Healthy eating plate, juga merupakan sebuah alternatif makan sehat. Adalah porsi makan yang melebihkan persenan karbohidrat diibanding dengan protein hewani dan nabati. Sekitar selisih 10%.

Selain buah, karbohidrat, dan sayur, kita juga harus memperhatikan asupan air untuk tubuh kita. Tubuh lebih banyak diisi oleh air, sehingga kita juga harus tetap mempertahankan suhu tubuh agar tetap stabil. Seseorang yang kurang minum, berdampak akan terkena dehidrasi (kekurangan cairan). 1-2% kehilangan cairan tubuh, maka tubuh akan mengalami haus yang kuat, hilang cita rasa, dan merasa tidak nyaman. 3-5% ditandai dengan mulut ering, sulit konsentrasi, produksi urin menurun. Apabila sudah sampai 8%, suhu tubuh akan meningkat dan akan pusing. Kebutuhan air minum perorang perhari 1,5-2L. Kebutuhan air untuk minum memang harus dijaaga. Terlebih untuk orang yang sering berada di ruangan ber-AC, minum haarus ditingkatkan. Meskipun merasa tidak haus, tapi sebenarnya kita kekurangan cairan. Jika dibiarkan, dampaknya adalah kulit akan terasa kering dan menjadi keriput.

Selanjutnya adalah olahraga. Merupakan kebiasaan yang harus dijaga. Alasan kurang beraktivitas fisik diantaranya adalah malas, tidak sempat, tidak ada teman, atau tidak ada fasilitas. Salah satu olahraga harian yang tergolong ringan tapi memberikan efek baik yang besar adalah 7MW (7 Minutes Workout) selama 20 menit setiap hari. Hal yang bisa dilakukan diantaranya push up, wall sit, plank, jumping jack. Tetapi tidak ada sit up di dalamnya karena menurut US Army, sit up sifatnya membahayakan. Kareena dapat merusk tulang belakang.

Bagi yang suka memakan camilan, lebih baik kurangi cemilan.Jika menghendaki untuk melakukan program diet, maka ganti cemilan dengan buah. Diet yang baik baik adalah yang turunnya sedikit demi sedikit tapi permanen. Karbohidrat juga dikurangi perlahan lahan, jangan dadakan. Karena nanti bisa sakit. Karbohidrat yang memb

uat seseorang menjadi gemuk adalah karbohidrat kompleks. Karbohirat kompleks adalah karbohidrat ang tidak langsung dibakar, maka akan dibelokkan siklusnya dalams siklus krebs menjadi lemak. Lemak bisa dipecah dan dipakai sebagai tenaga jika karnohidratnya telah habis. Nasi adalah contoh karbohidrat kompleks. That;s what make people sleepy in the morning if they have rice for breakfast. Karbohidrat bisa disiasati dengan buah, misalnya pisang, minum manis, roti, atau umbi-umbian lain.

Orang yang berpuasa mungkin juga sering mengantuk. Solusinya adalah makan sahur dengan makanan yang berserat, minum cukup (2 gelas di awal, 2 gelas saat mendekati imsak. Jangan hanya makan mi instan. Kurang tidur tidak langsung berdampak pada sering mengantuk. Tidur produktif selama 4 jam itu cukup jika berkualitas. Untuk menjaga kualitas tidur bisa dengn mandi terlebih dahulu sebelum tidur atau wudhu agar lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Tips untuk menjaga kesehatan adalah tidur cukup (jika weekend 6-8 jam), olahraga 2-3 kali semnggu, manajemen stress dan tetap menjaa kebahagiaan ^^




Baca ini juga, yuk!

0 comments