Ramadhan Day 3: Sedekah

12:14 AM


Sudah hari ke-3 puasa, Alhamdulillah.. semoga makin kuat yaa puasanya! J

Hari ke-3, berarti ayat yang akan diambil bersumber dari juz 3. As we know, juz 3 ini banyak banget ayat yang dijadikan do’a sehari hari seperti ayat kursi, potongan al matsurat, dan ayat2 terakhir Al Baqoroh. Banyak yang hafal deh, yaquin. Nah, karena banyak yang udah tau arti dari do’a sehari-hari as I mentioned before, aku memilih satu ayat yang cukup menamparku dan semoga menampar kalian juga yaa, and here it is! (Al Baqoroh: 274)

(Ayatnya nyusul yaaa, eror T_T)

Artinya:
“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Sudah jelas sih intinya adalah agar kita mau bersedekah, mau menginfakkan sebagian harta kita yang meskipun sedikit kepada orang lain yang membutuhkan. Waktunya pun tak bertentu. Malam boleh, siang boleh, keduanya lebih baik. Harta yang kumaksud kali ini adalah harta materi seperti uang. Rasanya susaaaaah gitu kan untuk ngeluarin dikiit aja uang kita untuk keperluan sedekah. Alasannya beragam. ‘Aduh, nanti masih harus beli makan’Hmm ini aja deh, sayang, uang yang ini buat beli handset’ memang si setan udah jago banget masuknya. Baru sedekah kalau udah mau UAS misalnya, astaghfirullah *nampar diri*
Kalimat terakhir dari arti potongan ayat tersebut agaknya menjadi sentilan kuat juga untuk kita. Seringkali di semester 4 ini deadline bertebaran dengan semerbak wanginya yang bisa dicium kapanpun dimanapun bikin diri jadi khawatir. Khawatir yang tak kunjung cured akan menimbulkan keetean, dan kebetean yang berlanjut akan membuat kita jadi bete. Nah, coba yuk kita tengok diri kita masing-masing. Apakah saat UAS ini kita masih khawatir (setelah belajar)? Jika iya, hati-hati.. bisa jadi itu karena kita kurang sedekah, kita kurang peduli dengan orang2 disekitar kita, kita terlanjur terlena dengan nikmatnya hidup.

Aku selalu bingung nih mau sedekahnya dimana, ada saran ga?
Sedekah bisa dimana aja dan kapan aja gais! Kalau boleh coba kasih saran, aku saranin nih ya kalau misal kita mau sedekah, bisa banget tuh kita ngelebihin kembalian pak tukang parkir yang baik bangettt dan atau penjual Koran yang selalu gigih mencari nafkah tak kenal waktu. Sisihkan seribuuuuu saja itu sudah sedekah, asalkan niatnya ikhlas J

Jadi, sekarang udah tau kan salah satu penyebab khawatir dan sedih hati? Yuk, cus sedekah!! ((Mumpung ramadhan juga looh dimana pintu surge dibuka lebar sedangkan pintu neraka ditutup J ))

Mari Bebenah Diri. Mari Bawa Perubahan.
#30DaysRamadhanChallenge

Baca ini juga, yuk!

0 comments