Ramadhan Day 4: Sabar, Siap Siaga, Taqwa!

12:13 AM



Yey, i have passed juz 3 so today i recited juz 4 alhamdulillah. lagi-lagi, banyak ayat bagus yang sebenarnya pengen di post, misalnya Ali Imron ayat 110. Tapi itu sepertinya bahasan akan menjadi cukup panjang sedangkan ini misinya adalah short teks hehe.. jadii pilihanku jatuh pada ayat indah lainnya yakni surat Ali Imran ayat 200 yang berbunyi

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.


Keyword dari ayat ini adalah Sabar, Siap Siaga, dan takwa. Ternyata Allah telah memerintahkan kita, orang-orang yang beriman untuk tetap sabar dalam menghadapi masalah atau godaan. Dan Allah bahkan kembali mengulang kata sabar dengan diawali kata 'Kuatkan'. Artinya, Allah benar-benar menyuruh kita untuk tetap teguh pada kesabaran kita dan senantiasa meningkatkannya. Dalam hal ini, sabar terhadap godaan/ apa-apa yang dilakukan oleh orang-orang kafir. Setelah sabar, Allah menyuruh kita untuk tetap bersiap siaga meski kita merasa bahwa kita sedang berada di dalam keadaan yang aman. Pada zaman nabi, hal ini berlaku dalam konteks bahwa kita harus bersiap siaga terhadap peperangan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Oleh karena itu, dalam upaya kita brsiap siaga, kita musti meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan cara berdzikir, mengingatNya dalam keadaan apapun. Berbaring, Berdiri, atau duduk.

Nah, kalau di analogiin, cocok nih buat kita yang sedang UAS! Kita boleh berdo'a pada Allah agar diberikan yang terbaik, tapi kita juga harus siap siaga terhadap apa aja yang mungkin bisa terjadi pada ujian kita. soal yang susah misalnya. Jadi, bentuk siap siaga kita adalah ikhtiar semaksimal mungkin, belajar semaksimal mungkin, dibarengi dengan meningkatkan ketaqwaan kita kepadaNya. Dengan cara apa? ya belajar sih belajar, tapi jangan lupa sholat, tilawah, al matsurat. karena sesungguhnya di dalamnya terdapat keberkahan yang besar inshaAllah. Niatkan belajar kita untuk Allah, Lillah.. dan definisi Lillah adalah mengutamakan segalanya untuk Allah which is means ya tadi, ibadah gaboleh dilupain. Masa bilang belajar kita Lillah tapi bahkan lupa sholat? Astaghfirullah.. No! Niatkan untuk Allah, Dahulukan Allah, Dekati Allah. Bukankah ketika kita berjalan menuju Allah, Allah bahkan malah berlari menuju kita? :)

Masha Allah,, Wallahu 'Alam, Alhamdulillah.
Semangat UAS! :)

Mari Bebenah Diri. Mari Bawa Perubahan
#30DaysRamadhanChallenge

Baca ini juga, yuk!

0 comments