Kedepan

7:42 PM

Empat bulan lagi lulus RK. Empat bulan lagi, berarti akan menghadapi banyak sekali hal yang benar-benar nyata. Tidak ada yang tahu apa saja yang akan berlangsung setelahnya kecuali sudah direncanakan dengan baik -Itupun tidak tahu apakah sejalan dengan rencana Allah-

Bismillah, semangat berproses menuntaskan. Semangat mengejar buah hasil kuliah, semangat mengejar takdir. Tidak ada yang akan mengerti takdir apa yang akan melekat pada diri kita kecuali kita berusaha untuk -setidaknya- mengintip sedikit.

Rezeki, jodoh, dan kematian adalah rahasia besar Allah. Hasil belajar di kuliah adalah salah satu modal yang akan digunakan untuk meraih rezeki halal dan diperuntukkan bagi orang-orang baik dan yang membutuhkan.

Hati tidak ada yang tahu. Bisa jadi, Ia (jodoh) adalah orang yang sangat dekat dengan mu; orang yang baru sesekali bertemu; atau bahkan yang belum kenal sama sekali. Intinya adalah memperbaiki diri. QS An Nur:26. Istikharah. Jika memang menjauh darinya adalah suatu bentuk ikhtiar untuk kemudian di do'akan setiap waktu, maka laksanakanlah (self reminder) semangat memperbaiki diri.

Dan ya, kematian tidak ada yang tahu. Katanya, bagi orang beriman, kematian adalah kado terindah. Tentu. Hal tersebut tidak terlepas dari rutinitas yang ia lakukan setiap saat: berdzikir padaNya. Perkuat iman, berdo'a setiap saat. Terlebih ketika dalam perjalanan. Tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita ke depan. Bahkan sedetik setelah ini pun kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Karena meramal kematian tidak semudah Dilan meramal akan bertemu dengan Milea di kantin. Toh, seromantis apapun mereka sampai membuat penontonnya baper, mereka tidak menikah. Bukankah itu juga merupakan bagian dari takdir Allah?

Ya, masing-masing kehidupan individu sudah digariskan olehNya. Yang perlu kita lakukan adalah berikhtiar, berdo'a, dan mastatho'tum setiap saat. Karena kita tidak pernah tahu dimanakah garis kehidupan itu akan berhenti.

Coklat Cafe, 15 Feb 2018 19.42
UC

Baca ini juga, yuk!

0 comments