Ibnu Maskawaih

9:37 AM

Day 13 Ramadhan 1436 H
#30DaysChallengeWhatYouGetInRamadhan

Abu ‘Ali Al-Chazin Ahmad bin Muhammad bin Ja’cub atau di kenal dengan Ibnu Maskawaih. Berasal dari Persia hidup di awal abad 5 Hijrah. Ibnu Maskawaih merupakan seorang Mualaf.
Menurut Aristoteles, Ibnu Maskawaih merupakan salah satu dari ahli-ahli fikir yang memberi bekas dalam sejarah kebudayaan. Ilmunya sangat luas dan sempurna. Ia juga seorang filosof dan penyair yang masyhur.

image
Ibnu Maskawaih ialah seorang filosof yang berjalan atas jalan yang dipilihnya sendiri. Maksud dari filsafahnya yang utama adalah: hendak menggambarkan kepada manusia satu contoh hidup yang tinggi dan suci sebagai manusia, dan bagaimana jalan mencapai cita-cita itu dengan amal dan pendidikan diri sendiri. Tujuan ini sama dengan filosof Schopenhuer.

Dalam falsafahnya, ilmu nafs yang disebut juga dengan psikologi adalah ilmu yang sangat penting. Maskawaih mulai dengan menyuruh memperhatikan diri dan mendidik rohani sendiri: membersihkan rohani dari segala macam syahwat dan tabiat-tabiat kurang baik. Setelah itu akan dapat menerima ilmu dan hikmah. Inilah yang dinamakan introspeksi diri (muhasabah) oleh orang-orang masa kini termasuk kita. Dan ternyata Ibnu Maskawaih, seorang filosof muslim 900 tahun yang lalu. Masyaa Allah..

Selasa, 30 Juni 2015
Dalam rangka membuat resume
Capita Selekta, M. Natsir
Ulfah Choirunnisa
[UC]

Baca ini juga, yuk!

0 comments